Oke,postingan kali ini saya akan membuat artikel tentang BERWIRAUSAHA dgn perencanaan dan perekrutan tenaga kerja.
Apa sih wirausaha itu?
Definisi secara harfiahnya,Wirausaha adalah orang yang mengambil resiko dengan jalan membeli barang sekarang dan menjual kemudian dengan harga yang tidak pasti.

Tapi yg saya tau berwirausaha itu ya berarti seperti membuat sebuah usaha sendiri dan jg dpt menciptakan peluang lapangan kerja untuk orang lain.

Ada 9 kiat sukses berwirausaha dari filosofi jawa,simak ya..


1. Toto

Yakni seseorang tersebut mesti memiliki kemampuan untuk menata diri dan juga orang lain. Sikap ini sangat diperlukan karena terjun sebagai entrepreneurship adalah mengukir karier sebagai pemimpin, baik pada diri sendiri maupun orang lain yang kelak menjadi anak buahnya.

2. Titi (akurat)

Seorang entrepreneur diharapkan memiliki keakuratan sehingga dapat menjalani bisnis dengan lancar.

3. Titis (mengena)

Setiap jiwa tentu memiliki tujuan tertentu, begitupun dengan entrepreneur. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, dia pun mesti menancapkan tujuan dengan jelas dan dibarengi dengan sebuah tindakan nyata.

4. Tatak (berani)

Seorang entrepreneur harus berani bersikap, berani bertanggung jawab, dan berani menerabas segala risiko. Jadi, kesampingkan rasa takut ataupun cemas akan sebuah kegagalan. Dengan bersikap berani, Anda dapat leluasa memainkan peran yang membantu kelancaran bisnis Anda.

5. Tatas (efektif)

Berpikir dan bertindaklah secara efektif. Orang yang berbuat dengan satu pemikiran yang kuat akan berhasil.

6. Tetep (konsisten)

Dunia bisnis penuh dengan gejolak, namun Anda perlu konsisten dengan passion bisnis yang Anda pilih. Meski terkadang pasang surut alias fluktuatif, tapi Anda tetap bertahan dengan “passion” Anda tersebut dan tidak mudah dipengaruhi atau terombang ambing orang lain.

7. Tanggap (responsif)

Pebisnis sukses meski memiliki jiwa yang responsif alias tanggap dengan peluang yang ada di depan mata. Ketika Anda menemukan sebuah peluang, maka segera eksekusi peluang tersebut menjadi sebuah celah rejeki yang bisa diberdayakan.

8. Teguh

Jiwa pebisnis mesti kokoh dan tidak boleh diombang ambing, teguh dalam mengambil keputusan dan harus pantang menyerah serta mampu mengubah kekurangan menjadi sebuah keistimewaan yang berdaya saing.

9. Trengginas

Seoramg entrepreneurship harus tampil aktif, terampil dan serba bisa mulai dari menciptakan ide, memproduksi hingga mempromosikannya. Dia tidak pernah lelah berkarya dan selalu mengisi waktu dengan berbagai aktivitas.

Kita analogikan dengan sebuah kios bakso favorit saya.Untuk memulai sebuah usaha baksonya pasti membutuhkan selain tekad yang kuat,pastinya modal adalah hal yang paling penting dalam membuka suatu usaha.
Maka dari itu,diperlukanlah PERENCANAAN MANAJEMEN KEUANGAN.

Manajemen keuangan dinilai sangat penting karena bertujuan untuk meminimalisasi resiko dan memaksimalkan “keuntungan” melalui perencanaan dan pengelolaan keuangan secara sistematik. “Keuntungan” yang dimaksudkan merupakan nilai lebih yang diperoleh melalui operasi usaha, baik dalam bentuk material maupun nonmaterial.

Untuk PEREKRUTAN TENAGA KERJA,kios bakso ini awalnya mempekerjakan anggota keluarga dengan jumlah orang 1-2 orang.Tetapi ketika kios bakso ini makin banyak pengunjung,kios bakso ini mengalami keuntungan yang drastis secara finansial.
Lalu kios bakso ini membuka cabang dan merekrut tenaga kerja.
Mungkin perekrutannya tidak seperti perusahaan-perusahaan yang berskala menengah hingga besar,yang dalam membuka lowongan pekerjaan harus memberikan syarat menyerahkan CV dan surat lamaran.Tetapi kios bakso ini memperlukan tenaga kerja yang ulet,tekun,rajin dan mau diajak kerja sama.Jadi kios bakso ini dapat meperkerjakan orang-orang yang berpendidikan rendah tetapi yang mau berusaha dan giat bekerja.