GAME DEVELOPER

Seiring dengan makin di gandrunginya dunia per-game-an pada masa kini, entah itu untuk pembuatan maupun penggunaan gamenya itu sendiri maka pada tulisan ini saya akan membuat sebuah penjelasan yang berisikan tentang bagaimana game itu dibuat dan apa saja yang diperlukan, juga termasuk didalamnya terdapat beberapa pendefininisian dari game itu sendiri, genre apa saja yang terdapat dalam suatu game apakah itu game console atau pun game online.
pada bagian artikel saya yang pertama ini saya akan menitik beratkan kepada bagaimana game itu di buat.

Pasti dalam benak kita sebelumnya pernah bertanya, apa sih game itu???

Sekarang siapa sih yang nggak kenal sama game, dari mulai bayi baru bisa ngomong sampe kakek-kakek beristri lima jg pasti kenal dan pernah memainkan suatu game. Entah itu console ato game dengan bentuk lainya.

Nah, pertanyaan sesimple itu lah yang mendasari saya untuk membuat artikel ini….

Game adalah sebuah software yang sebernarnya memiliki tujuan utama untuk mengisi aktivitas jika kita membutuhkan banyak hiburan agar kita tidak mengalami stress dalam menghadapi kehidupan yang keras pada zaman ini (LEBAY BANGET KATA-KATANYA :D). Namun bagi sebagian orang, game juga bisa menjadi bagian dari hidupnya. Orang-orang ini sering di sebut juga gemahollic atau game freak. Namun, ada juga sebagian dari orang berpikir bahwa game adalah suatu ide yang akan mendatangkan keuntungan yang sangat bejibun pada zaman ini. Kumpulan orang ini biasa di sebut dengan game developer, yang bekerja di bidang game developing.

Oleh karena pembuatan suatu game itu pastinya tidak semudah seperti kita masak air (ITU AJA MASI SUKA ANGUS :D), maka dibutuhkan suatu team yang memiliki visi dan misi sama dalam hal pembuatan game itu sendiri. Nah, sekarang kita akan membahas tentang sekumpulan orang-orang ini ato yang kita sebut tadi dengan sebutan game developer. Pada suatu team game developer, pasti memiliki bagian-bagian atau divisi dimana divisi itu diisi oleh orang yang memiliki keahlian khusu di bidangnya. Ada beberapa divisi yang terdapat dalam suatu team pembuat game ini. Di antaranya :

Team Leader
Bagian ini biasanya hanya disi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya.

Game Designer
Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.

Producer
Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.

Programmer
Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.

Artist
Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.

Composer (Music Editor)
Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

Script And Text Editor
Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu character yang cocok dengan skrip yang telah dibuat.

Cinematic
Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketika dimainkan.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pernulisan artikel bagian pertama saya tentang game development. Untuk pembahasan selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat game yang akan saya tulis pada artikel kedua nanti. So, stay close brother and sista…!!!!

referensi :

http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html