Pada postingan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan sebuah animation video dengan menggunakan BLENDER. postingan ini juga sekalian buat memenuhi tugas softskill dari kelompok :
Rizki Eka Satria
Ahmad Tantowi
Risa Purnama
Muhammad Eko Budiarso
Anugerah Body Yordan

Disini saya akan membuat sebuah video yang bertuliskan UNIVERSITY Of GUNADARMA COLORING THE GLOBAL FUTURE

langsung aja ya ke cara pembuatannya….
cekidot….

langkah pertama yang harus kita lakukan pastinya membuka aplikasi blendernya terlebih dahulu. habis itu kita pilih tampilan material di menu popup di atasnya.
material1

kalo udah buka tu BLENDER, Disini saya menggunakan tampilan material untuk window blender saya. Sudut pandang ini dapat kita rubah sesuai dengan keinginan kita tergantung dengan kebutuhan seperti pada gambar di bawah ini.
material2

selanjutnya, karena video yang akan kita buat hanya berupa tulisan saja. Kita hapus terlebih dahulu objek default yang ada sebelumnya dengan menekan CTRL+X atau dengan menekan tombol DELETE, seperti pada gambar di bawah ini :
delete

setelah objek tadi di hapus, kita bisa menambahkan objek text yang akan kita gunakan nanti dengan cara memilih tab ADD di bagian atas, seperti pada gambar di bawah ini :
text

Setelah itu, kita pindah ke edit mode dengan menekan tombol TAB agar kita bisa merubah tulisan yang telah ada tadi. Disini, saya menambahkan 7 text yang nantinya akan di ganti menjadi tulisan UNIVERSITY Of GUNADARMA COLORING THE GLOBAL FUTURE. Setelah selesai, Kita letakan terlebih dahulu text-text tadi di luar dari area kamera.
peletakan

Setelah itu, kita akan memberikan bentuk 3D pada tulisan tadi, dengan mengatur ketebalan dari setiap text-text tadi pada bagian EXTRUDE pada panel editing (F9)
extrude

Setelah itu, kita berikan warna pada masing-masing text tadi pada bagian panel shading (F5)
coloring

Setalah semua pewarnaan selesai, saatnya kita masuk ke bagian moving animation-nya. Pada bagian ini, kita harus menentukan semua gerakan pada setiap waktunya. Sebelumnya kita set terlebih dahulu frame yang akan kita gunakan pada video ini, disini saya menggunakan 1-200 frame.
Untuk moving dari frame 0-40, kita letakan tulisan tadi seperti pada gambar di bawah ini :
TL1

Untuk moving dari frame 40-80, kita letakan tulisan tadi seperti pada gambar di bawah ini :
TL2

Untuk moving dari frame 80-120, kita letakan tulisan tadi seperti pada gambar di bawah ini :
TL3

Untuk moving dari frame 120-200, kita letakan tulisan tadi seperti pada gambar di bawah ini :
TL4

Setelah semua settingan waktu selesai kita kerjakan, selanjutnya kita render hasil tersebut dan save dengan format .avi agar berbentuk video.
render

Kurang lebih seperti itu caranya, mohon maaf kalau penjelasan di atas jauh dari sempurna. berikut adalah penampakan dari video yang telah saya buat ini…..
kualitasnya saya set low biar tidak berat pas buffering…

terima kasih telah membaca tutorial yang sangat-sangat sederhana ini, semoga bermanfaat bagi kalian reader…..