Berhubungan dengan semakin digandrunginya pembuatan animasi dengan menggunakan software BLENDER sekarang-sekarang ini, jadi saya yang lagi ngga ada kerjaan juga berpikiran buat nulis sebuah artikel tentang cara-cara membuat sebuah objek animasi pada BLENDER itu sendiri.

Sebenernya sih saya juga merupakan pemula dalam penggunaan software ini. tapi, lumayan lah klo buat sharing dasar-dasarnya nya sih dah bisa.  So, sekalian share aja ilmu yang udah saya dapet dari pembelajaran awal saya tentang dasar dari penggunaan pada software BLENDER. saya tulis deh jadi artikel ini.

Ngga usah banyak intermezzo lagi yaaa, kita langsung aja ke inti permbicaraan kita sekarang yaitu tentang TUTORIAL pembuatan objek pada BLENDER.

Berikut saya tuliskan sedikit tentang tahapan dalam pembuatan objek pada BLENDER mulai dari awal sampai dengan tahap rendering. cekidot………..

1. Buka program dengan klik start kemudian pilih blender

2. Pilih menu user preferences agar kita dapat mengerjakan sesuatu pada blender setelah muncul,

3. Pada View rotation aktifkan auto perspektif kita dapat melihat tampilan objek yang kita buat sesuai keinginan kita dengan klik kanan pada garis perpaduan menu dengan tanda arah tanda panah atas dan bawah kemudian pilih split area kemudian klik kanan pilih join area

4. Kita membuat objek dasar 3d yang ada pada blender dengan cara pilih menu add pilih mesh
Misalkan cube (untuk membuat objek bentuk kubus)

5. Jika kita akan menggeser objek atau memindahkan objek pastikan pada posisi objek mode dan apabila akan mengedit objek kita pilih edit mode

6. Dalam menggeser atau merubah ukuran objek maka langkahnya hampir sama seperti pada saat kita menggunakan aplikasi 3dsmax yaitu klik tanda segitiga atau translate manipulator mode untuk menggeser objek kemudian rotate manipulator mode untuk memutar objek dan scale manipulator mode untuk merubah ukuran kemudian dengan mengklik kursor arah x, y,z

7. Mengedit objek untuk dijadikan objek yang akan kita bentuk dengan cara klik kanan pada objek dengan cara mode objek dijadikan sebagai edit mode kemudian pilih bagian yang akan diedit

8. Untuk melihat hasil yang telah kita buat kita render project kita dengan memilih menu render kemudian pilih render current frame atau ktik F12 pada keyboard

9. Render pada blender ini merupakan tampilan hasil kamera view sehingga agar hasil render sesuai dengan yang kita harapkan maka perlu di set posisi cameranya dengan menggeser camera sesuai posisi yang diinginkan ( ingat posisi yang akan terekam adalah yang tampil pada kotak terkecil tampilan sebelah kiri dibawah ini )

10. Maka tampilan render akan muncul objek terlihat penuh

11. Simpan projek kita dalam bentuk file .blend dengan pilih menu file klik save as beri nama file

12. Mengganti warna objek dengan cara pilih objek kemudian klik material button pilih color enter kemudian render kembali

13. Simpan hasil render pada computer dengan extensi file .jpeg atau yang lain

Sorchut pada aplikasi Blender

F1 untuk membuka file
F2 untuk menyimpan file
F3 untuk Menyimpan gambar
F4 untuk tombol lampu
F5 untuk material
F6 untuk texture
F7 untuk animasi
F8 untuk real time
F9 untuk mengedit
F10 untuk menampilkan
F11 untuk hasil render terakhir
F12 untuk Render
I untuk membuat variasi memasukan animasi pada objek
Alt +U untuk melihat hasil pekerjaan sebelumnya
Alt + C untuk menconvert meshes , text dan curve

maaf ya klo masi ada yang kurang jelas dalam pembuatan tutor ini. CMIIW (colek me if i’m wrong). namanya jg belajar😀